Bagaimana Ruang Sempit Menjadi Tampak Lega ?

Apakah Anda merasa rumah Anda sempit? Padahal Anda tahu rumah Anda besar. Lalu apa yang membuatnya terasa sempit? Ruangan di rumah Anda bukannya kurang luas, tapi mungkin Anda tidak memanfaatkan setiap sudutnya secara maksimal.

desain ruangan dengan furniture minimalis

Bisa jadi karena Anda memiliki furnitur yang ukurannya besar-besa. Mungkin juga karena Anda tidak cukup baik mengatur posisi furnitur dan benda-benda yang Anda punya atau hanya karena barang-barangnya tidak tertata dengan rapi. Sebenarnya ada ide-ide sederhana untuk mengatur ruangan Anda agar setiap celahnya dapat digunakan dengan lebih efektif.

6 tips yang bisa anda coba lakukan

1. Gunakan kardus atau kotak-kotak penyimpanan
Jika kita membeli barang elektronik, kadang kita mendapat kotak atau kardus kemasan yang dapat dipakai lagi. Anda juga dapat menggunakan kotak makanan untuk menyimpan barang-barang kecil di meja kerja. Atau Anda bisa menyimpan selimut dan seprai yang sedang tidak digunakan dalam kotak penyimpanan lalu menyelipkan kotak itu di bawah tempat tidur.

2. Sediakan tempat penyimpanan ekstra di dalam lemari
Contohnya saja lemari pakaian. Lemari pakaian sebenarnya adalah tempat untuk menyimpan banyak benda. Selain pakaian, Anda dapat menyimpan parfum, kotak sepatu, kotak perhiasan, dan benda-benda pribadi lainnya. Tidak masalah seberapa besar lemari pakaian Anda, Anda dapat mengatur sekat-sekat di dalamnya untuk fungsi penyimpanan yang berbeda-beda.

3. Rapikan meja Anda
Sering kali kita menaruh banyak benda di atas meja, dan itu membuat meja kita penuh barang. Padahal meja berkaitan dengan produktivitas Anda. Jadi jangan menumpuk kertas-kertas kerja di atas meja. Taruhlah kertas pada lemari arsip, atau kotak file dan folder-folder. Taruhlah alat-alat tulis pada satu tempat. Sediakan satu kotak di atas meja untuk menyimpan benda-benda kecil.

4. Letakkan benda-benda yang sering digunakan pada tempat yang mudah dijangkau
Anda tidak perlu berjalan dari satu kamar ke kamar lain untuk mengambil barang-barang yang Anda gunakan setiap hari. Simpan seprei di kamar tidur, simpan DVD di dekat televisi, simpan persediaan tisu toilet di kamar mandi.

5. Dinding adalah ruang
Ruangan tidak hanya terletak pada sisi horizontal saja, sisi vertikal rumah pun adalah ruang. Lihatlah dinding Anda. Dinding pun dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Ada banyak inovasi untuk memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Lihatlah misalnya dapur Anda. Anda dapat memasang paku di dinding untuk menggantung panci dan wajan. Sementara ruang dalam lemari yang tadinya digunakan untuk menyimpan panci jadi bisa digunakan untuk menyimpan serbet, table mats, atau untuk menyimpan persediaan bumbu-bumbu kering, tepung, atau isi ulang minyak goreng dan kecap. Atau misalnya di dinding ruang tamu, Anda dapat memaku sebilah papan di dinding untuk menaruh bingkai foto dan pernak-pernik hiasan. Sehingga meja kecil di pojokan yang tadinya Anda gunakan untuk menaruh benda-benda tersebut jadi dapat disingkirkan. Ruangan tamu pun jadi lebih lega.

6. Tata ulang
Apakah ada ruangan yang tidak banyak digunakan di rumah Anda? Misalnya, jika Anda lebih suka makan di luar, biasanya dapur jadi tidak terlalu berguna. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika Anda membutuhkan ruang kerja lebih besar ketimbang dapur, renovasi rumah adalah keputusan yang bijaksana. Atau misalnya jika anggota keluarga Anda lebih suka makan sambil nonton TV di ruang tamu, Anda tidak perlu ruang makan kan? Jadi intinya, buatlah lingkungan dan interior rumah Anda lebih befungsi sesuai kebutuhan Anda.

Tagged: ,